Social Icons

Pages

Sabtu, 17 April 2010

Cara Setting JAHT WP-4001BR Sebagai Access Point

JAHT WP-4001BR merupakan sebuah wireless router yang cukup tangguh dalam menjalankan tugasnya baik sebagai Access Point (AP) maupun sebagai Client (Station). Sudah hampir setahun saya menggunakan JAHT WP-4001BR di salah satu klien RT/RW-Net dan selama itu pula tidak ada keluhan sama sekali dari klien terhadap performancenya. Bisa dikatakan sebagai klien dengan kombinasi yagi sudah cukup mengcover kebutuhan klien RT/RW-net. Dan dalam kesempatan kali ini saya akan mencoba menggunakan JAHT WP-4001BR sebagai Access Point.

JAHT WP-4001BR hanya akan digunakan sebagai Access Point (AP), sehingga fitur-fitur lainnya yang ada di JAHT ini tidak digunakan karena nantinya akan di handle oleh PC Mikrotik Server. Fitur yang tidak digunakan tersebut adalah sebagai berikut;
1. DHCP server disable, IP akan diberikan oleh PC Mikrotik server
2. MAC Address Filtering disable, RT/RW-net yang saya kelola menggunakan system hotspot dimana klien harus memasukan user dan password untuk bisa browsing ke internet. 1 user/pass untuk 1 klien.
3. Encryption disable, Tidak ingin membebani JAHT untuk mengenkripsi packet yang lalu lalang di JAHT.

Kemudian seperti apakah spesifikasi dan description yang lengkap tentang JAHT WP-4001BR ini, berikut saya cuplikan langsung dari website pembuat JAHT.

Features

• Complies with the IEEE 802.11g (DSSS) 2.4GHz specification
• Supports 2.400~2.4835 GHz frequency band, 1~14 channels
• High data rate up to 54Mbps network speed
• Auto rate fallback in case of obstacles or interferences
• Supports AP, AP Client, Bridge-PtP, Bridge-PtMP, WDS, Repeater operating modes
• Supports 64/128-bit WEP, 802.1x, WPA, WPA2 wireless security
• Provides MAC access control
• Integrated DHCP server
• Web-based configuration and Firmware upgradeable

Specifications

- CPU Realtek RTL8186
- Flash 2 MB NOR Flash
- RAM 8MB SDRAM
- RF Realtek RTL8225
- Interface RJ-45 10/100Mbps Port x 1
- Antenna RP-SMA Detachable Antenna x 1
- Transmit Power 18 dBm
- Power 12V DC, 0.5A Power Adaptor
- Dimension 30mm(H) x 127mm(W) x 96mm(D)
- Temperature 10~40?
- Humidity 10~90% (Non-Condensing)
- Certification FCC, CE

Karena ini nantinya digunakan sebagai Access Point yang nota bene harus diletakkan di luar maka perlu dilengkapi dengan outdoor box yang weatherproof. Outdoor box ini cukup murah dan bisa didapatkan di toko-toko listrik di kotamu, mungkin namanya berbeda-beda tapi di Batam ini kami menyebutnya box panel. Lalu untuk meneruskan Power Supply dari adapternya, gunakan POE sehingga kita bisa berhemat kabel. Pengalaman saya dengan kabel LAN 20 meter, Tegangan listrik dari power supply bisa naik keatas dan cukup stabil. Tapi pastikan gunakan kabel LAN yang bagus, karena jika kabel LAN yang kita gunakan kurang berkualitas maka power dan data akan hilang di tengah jalan.

Oke, berikut screenshoot setting JAHT WP-4001BR sebagai Access Point. Tapi sebelumnya harus diketahui default setting JAHT WP-4001BR dari pabrikanya di taiwan seperti berikut ini;
1. username dan password default adalah username: admin dengan password:1234
2. IP default adalah 192.168.2.1 dengan netmask 255.255.255.0

Kita harus tahu semua settingan default dari pabrikan sebelum mensetting sebuah equipment, karena jika ada kesalahan setting maka bisa segera di restore dengan menekan switch reset yang ada.


Terlihat diatas tampilan pertama kali dari JAHT WP-4001BR, simple sekali dan terlihat 3 informasi utama yaitu System, Wireless Configuration dan LAN configuration.


Oke, kita rubah Wireless Configurationnya untuk mengganti ESSID, sehingga nantinya klien dapat mengetahui keberadaan AP ini. Gunakan nama ESSID sesuai dengan keinginan. Gunakan Band kelas B saja untuk mendapatkan jangkauan yang lebih jauh jika dibandingkan dengan menggunakan mix band (B dan G) atau jika hanya band G saja.

Lalu kita masuk ke System Utility untuk merubah password dan tentunya IP yang sesuai dengan IP jaringan dimana AP ini akan bekerja.

setelah merubah IP dan password, maka pastikan kamu mengganti IP yang baru di browser kamu sesuai dengan IP yang baru dan juga tak lupa dengan password yang baru.

Selesai sudah setting JAHT WP-4001BR sebagai Access Point. JAHT siap dinaikkan ke tower dan siap melayani request dari klien. Untuk daya jangkau tentunya semua bergantung pada lingkungan masing-masing dan topologi dimana AP ini didirikan. Juga tentunya menggunakan eksternal antenna seperti antena omni directional hyperlink 15db akan berbeda jangkauan coveragenya jika menggunakan antena bawaan JAHT yang sangat tidak direkomendasikan digunakan di outdoor.

Well, selamat ber-AP ria dan hidup RT/RW-net Indonesia.

1 komentar:

  1. saya punya jaht tipe wp-4001br, tapi gak ada cd drivernya lalu saya cari informasi di internet ternyata ada juga yang seperti saya, bisa ngak tolong di kirim driver ke email saya argi.syaputra9@gmail.com . atau kasih tau solusinya please.

    BalasHapus

 
Blogger Templates